EKSPLORASI PADA GEOGEBRA

EKSPLORASI PERINTAH (COMMAND), PERSAMAAN,
PERTIDAKSAMAAN DAN FUNGSI
Bagian ini akan membahas bagaimana fitur GeoGebra dapat dieksplorasi lebih lanjut tidak hanya melalui tool visual namun juga dengan perintah (command) serta bagaimana bekerja dengan persamaan, pertidaksamaan dan fungsi. Fitur GeoGebra ini dapat dimanfaatkan untuk beberapa topik pembelajaran diantaranya pada beberapa topik Matematika SMP Kelas VIII dan dapat juga dimanfaatkan pada topik pada jenjang lain baik langsung maupun tidak langsung.

A. Bekerja Dengan Input Bar
Seperti telah sedikit disinggung pada bagian sebelumnya, dalam GeoGebra, disamping tersedia beberapa tool yang berupa tombol/ikon kita juga dapat memanfaatkan Input Bar untuk penggunaan yang lebih kompleks dan detil. Aktifitas yang menggunakan tombol/ikon sesungguhnya dapat juga dilakukan dengan menuliskan perintah di Input Bar. Sebagai contoh, untuk melukis sebuah garis lurus dapat kita lakukan dengan tombol/ikon atau menulis perintah Line pada Input Bar.
Line[(0,0), (2,4)]
Selain itu, di Input Bar ini kita juga dapat mendefinisikan variabel, titik (beserta koordinatnya), vektor, matriks, dan lain-lain.
A= 7
a=3
C=A+a
A= (2, 2)
a=(2, 2) //vektor
P=(2;45°) // kordinat polar 
M1={{1,0},{2,3},{2,1}} // matriks
B. Perintah dan Fungsi Dalam GeoGebra
Input Bar juga dapat digunakan untuk bekerja dengan fungsi. Dalam GeoGebra terdapat beberapa jenis fungsi yang dapat digunakan, namun secara umum terdapat dua kategori fungsi, yaitu fungsi predefinisi (pre-defined) yakni fungsi yang sudah ditanamkan dalam GeoGebra sebagai fungsi siap pakai dan fungsi yang didefinisikan atau dibuat oleh pengguna.
Daftar fungsi yang sudah didefinisikan dalam GeoGebra dapat dimunculkan dengan mengklik
tombol Input Help (                        ) yang berlokasi di sebelah kanan Input Bar sehingga akan muncul jendela
Help berisi fungsi-fungsi yang disediakan GeoGebra. Fungsi pre-definisi terdiri dari fungsi matematika (misalnya fungsi trigonometri) dan fungsi yang lebih tepatnya disebut sebagai perintah (Command) (misalnya perintah untuk membuat garis).
Untuk eksplorasi perintah lengkap dalam modul berikut, monggo dipelajari. ..
bisa didownload disini
Post a Comment