BOLA VOLI


Permainan bolavoli   ditemukan oleh William B Morgan pada tahun 1895 di Holyoke (Amerika bagian timur). William B Morgan adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christain Association (MCA). Permainan bolavoli di Amerika sangat cepat perkembangannya, sehingga tahun 1933 YMCA mengadakan kejuaraan bolavoli  nasional.Kemudian permainan bolavoli  ini menyebar ke seluruh dunia. Untuk  pertama kalinya dipertandingkan di Polandia pada tahun 1974  dengan peserta yang cukup banyak. Maka pada tahun 1984 didirikan Federasi Bolavoli Internasional atau Internationnal Volley Ball Federation (IVBF) yang waktu itu beranggotakan 15 negara.


1.       Permainan Bola Voli
Permainan bola voli cukup terkenal di Indonesia. Permainan bola voli dimainkan oleh dua regu yang tiap regu terdiri dari enam pemain. Tiap regu berusaha untuk mendapatkan bola didaerah lawan agar mendapat angka (paint). Regu yang pertama mencapai angka 25 adalah regu yang menang.
2.       Peraturan Permainan Bola Voli Regu
1.     Komposisi dan regristrasi
Satu regu maksimal terdiri dari 12 pemain. Pelatih, asisten pelatih, trainer, dan dokter medis.; Pemain libero
2.     Setiap regu berhak mendaftarkan satu pemain khususnya bertahan (defensive player). “libero” Antara 12 pemain yang terdaftar.
3.     Pemain libero harus terdaftar dalam lembaran angka
4.     Hanya pemain yang terdaftar pada lembaran angka yang boleh ikut serta dalam pertandingan.
5.     Setelah kapten, regu dan pelatih mendatangi lembar angka, maka emain yang telah terdaftar tidak boleh diganti.
3.       Posisi dan Rotasi Pemain
a)    Posisi
Apabila regu penerima servis memperoleh giliran servis, maka pemanin berputar satu posisi searah kearah jarum jam.
b)    Kesalahan posisi
Pemain di salah satu regu dinyatakan bersalah apabila mereka tidak menempati posisi yang benar sewaktu bola dipukul oleh pemain yang servis.
Jika pemain yang melakukan kesalahan servis pada saaat dia memukul bola maka kesalahanya itu dianggap sebagai suatu kesalahan dan harus dihukum.
Kesalahan posisi menimbulkan konsekwensi sebagai berikut: (1)Kesalahan itu dihukum dengan kekalahan satu reli; (2)Para pemain dikembalikan dalam posisi yang benar.
4.       Teknik Dasar Permainan Bola Voli
Teknik adalah suatu cara untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.
Teknik di dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektis sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal.
Tujuan dari permainan bola voli adalah memperagakan teknik dan taktik memainkan bola dilapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.
a)    Gerak dasar tanpa Bola
Gerak dasar lokomotif yang menjadi landasan bagi pelaksanaan teknik dasar bola voli antara lain: (1) gerak dasar bergerak maju, (2) gerak dasar bergerak mundur, (3) gerak dasar bergerak kesamping kiri/kanan, (4) gerak dasar meloncar.
b)    Gerak dasar dengan bola
1.     Servis
Sevis adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakakng yang dilakukan dari daerah servis, langsung kelapangan. Servis merupakan aksi untuk melakukan bola kedalam lapangan. Keberhasilan servis tergantung dari kecepatan bola, jalan, perputaran bola dan penempatan bola ke tempat kosong kepada pemain kegaris belakang kepada pemain yang melakukan perpindahan tempat.
2.     Pasing
Pasing dalam permainan bola voli adalah usaha atau upaya seseorang pemain bola voli dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuanya dalah untuk mengoperkan bola yang dimainkan itu kepada teman seregu untuk dimainkan dilapangan sendiri. Passing terdiri dari dua macam yaitu : 1). Passing tangan bawah dan 2). Passing Tangan tas.
3.     Smash(spike)
Smash adalah tindakan memukul bola kelapangan lawan, sehingga bola bergerak melalui atas jarring dan mengakibatkan puhak lawan sulit mengembalikanya. Smash yang efektif selama permainan berlangsung ialah dengan cara memukul bola dari atas jarring yang disebut spike.
4.     Bendungan (block)
Bendungan sangar erat sekali dengan teknik bertahan yang dilakukan diatas net. Keberhasilan bendungan ditentukan oleh loncatan yang tinggi dan kemampuan menjngkau lengan pada bola yang sedang dipukul lawan. Bendungan dapat dilakukan oleh satu, dua atau tiga orang pemain bergantung pada kualitas pemain lawan.


Gambar lapangan Bola Voli lengkap dengan ukurannya :

Materi terkait : Sepak Bola, Bola Basket, Bulu tangkis, Atletik, Pencak Silat, Pola Hidup Sehat

Post a Comment