Fungsi IF Microsoft Excel

Dari semua fungsi logika yang terdapat dalam Microsoft Excel, fungsi IF adalah fungsi logika yang paling banyak diaplikasikan, terutama dalam penerapan formula lanjutan yang melibatkan banyak data dan keputusan bercabang. Kegunaan dari fungsi IF ini sebetulnya sangat sederhana, fungsi ini akan mengambil suatu kondisi tertentu kemudian menentukan nilai TRUE atau FALSE. Nilai TRUE adalah nilai dimana kondisi tersebut terpenuhi atau jawaban betul dan nilai FALSE adalah nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi atau jawaban salah.

Rumus Fungsi IF Microsoft Excel

Seperti contoh pada gambar diatas rumus fungsi IF saya gunakan untuk menentukan siswa yang Remidi dan Siswa yang Tuntas atau tidak Remidi dalam pelaksanaan Ulangan Umum Semester

Aturan penulisan fungsi IF ini adalah sebagai berikut:

=IF(kondisi;nilai_TRUE;nilai_FALSE)

Ket :
  • kondisi merupakan kriteria acuan yang dijadikan pembanding
  • nilai_TRUE merupakan nilai untuk kondisi yang terpenuhi
  • nilai_FALSE merupakan nilai untuk kondisi yang tidak terpenuhi
Rumus formula IF diatas dituliskan pada Cell yang dimaksud pada Microsort Excel
Contoh seperti pada gambar berikut :


Formula IF pada Microsoft Excel

Ket Gambar :
1. Perhatikan pada kolom keterangan adalah yang akan kita gunakan untuk mengisi rumus 
2. Pada Cell G3 akan kita isi dengan formula IF
3. Kita tentukan isian pada G3 yaitu pilihan siswa tersebut akan Remidi atau Tuntas
    REMIDI jika siswa memiliki nilai dibawah 50,
    TUNTAS jika siswa memiliki nilai sama dengan atau diatas 50
4. Maka tuliskan sebagai berikut 
    =IF(F3>50;"TUNTAS";"REMIDI"), untuk sekarang pada komputer atau laptop jika memakai tanda " ; " tidak bisa dienter maka bisa menggunakan tanda " ,"
    Pilihan lain menuliskan Fungsi IF nya adalah =IF(F3>50,"TUNTAS","REMIDI")
5. Tekan Enter

Maka akan kelihatan seperti pada gambar berikut ini :


Fungsi IF pada Microsoft Excel

Video Tutorial :



Selamat Mencoba !
Semoga berhasill !!

Post a Comment