Menggunakan Alamat CELL Pada Microsoft Excel

Sering saya melihat hal - hal yang lucu, mengapa??
Ketika melihat orang kesulitan menghitung, padahal dia sudah pegang Laptop di tangannya !
Ketika orang kesulitan mengkategorikan sesuatu didepannya, padahal di depan dia sudah menggunakan Laptop !
dan lain sebagainya .. .

Selain menggunakan laptop sekarang juga sudah banyak sekali orang yang punya Handphone, Smartphone, dan Tablet bahkan Ipad. Tapi kebanyakan dari mereka masih banyak yang kurang optimal menggunakannya.
Misal :
Handphone dan smartphone hanya digunakan untuk SMS dan Telphone,
Padahal didalamnya kan terdapat fitur-fitur atau aplikasi yang bermanfa'at bagi si pemegangnya.

Dalam hal ini akan kita pelajari mengenai bagaimana menggunakan Microsoft Excel yang ada didalam fitur Smartphone atau Laptop !

1. Penggunaan Cell dalam Excel.

Dalam Microsoft Excel ini disajikan berupa kolom dan baris yang berupa kotak-kotak atau dalam bahasa umumnya disebut dengan Cell. Dalam alamat Cell di microsoft Excel ini sebetulnya sangat berguna bukan hanya untuk membuat tabel saja, tapi bisa digunakan untuk menghitung.

Kalau manfa'at yang pertama yaitu untuk pengetikan tabel yang berupa garis dan kolom ini sudah biasa dilakukan, kebanyakan kalau membuat kolom dan baris atau tabel pada microsoft word kesulitan maka alternative nya menggunakan microsoft Excel.

Manfa'at yang kedua yaitu untuk menghitung, 
Untuk menghitung dalam microsoft Excel kebanyakan orang masih jarang, terlihat teman saya juga masih menggunakan kalkulator, padahal mereka sudah pegang laptop ditangan. Harusnya kalau sudah pegang laptop ya menghitung dengan microsoft Excel kan jadi gampang.

2. Penggunaan tanda sama dengan ( = )

Tanda sama dengan atau “=” merupakan tanda awal dari penulisan formula yang mutlak harus dituliskan jika Anda hendak menggunakan formula apapun. Tanda ini juga bisa digunakan sebagai rujukan ke data pada lokasi lain. Sebagai contoh misalkan sel A1 berisikan data 10. Pada sel A5, jika Anda ketikan tanda “=” (tanpa tanda kutip) yang diikuti dengan penekanan tombol Enter maka sel A5 juga akan berisi data 10.

Menggunakan alamat Cell microsoft excel



3. Penggunaan tanda sama dengan ( = ) untuk mengerjakan perkalian ( * ), pembagian ( / ), penjumlahan ( + ), dan pengurangan ( - )

Seperti gambar diatas, misal C1 diisi 6, kemudian C5 diisi A1 - C1, Cell D1 diisi A5 + C5, 
Cell D2 diisi A1 * C1, dan Cell D3 diisi D2 / A1
akan tampak sebagai berikut :

Penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian pada microsoft Excel

Catatan : untuk penulisan formula dalam excell tanpa spasi, jika terdapat spasi maka error

Video tutorial :




SELAMAT MENCOBA !!
SEMOGA SUKSES !!!
Post a Comment