Pembuatan Video Pembelajaran Dengan SCREENCAST

Untuk materi Pembuatan Video Pembelajaran Dengan SCREENCAST ini saya peroleh ketika saya ikut diklat online P4TK MATEMATIKA Yogyakarta tahun 2013 kemaren, materi ini sangat bermanfaat sekali bagi saya, karena bermanfaat jg buat pembelajaran ke siswa, sekaligus inovasi pembelajaran saya ke siswa.


A. Screencast Dengan CamStudio
Video merupakan salah satu media pembelajaran yang cukup menarik. Video pembelajaran dapat dibuat dengan beberapa teknik, salah satunya adalah dengan screencasting. Screencast atau disebut juga dengan video
screen capture atau screen recorder adalah perekaman secara digital dari sebuah tampilan komputer yang seringkali disertai dengan narasi panduan yang direkam menggunakan mikrofon. Video pembelajaran menggunakan teknik screencast biasanya berjenis tutorial, misalnya tutorial penggunaan software atau bisa juga berupa paparan.
Ada banyak software yang dapat digunakan untuk membuat video screencast salah satunya adalah CamStudio. Camstudio menjadi alternatif yang menarik karena merupakan salah satu software screencast yang cukup praktis, mudah digunakan dan gratis. Saat ini CamStudio telah mencapai rilis 2.6 dan dapat diunduh dari camstudio.org.
INSTALASI
Instalasi CamStudio tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, yaitu dengan mengklik dua kali pada file CamStudio installer yang berformat EXE (dapat diunduh dari camstudio.org). Selanjutnya ikuti langkah instalasi sampai selesai.
Selain aplikasi, kita juga dapat mengunduh codec yang juga disediakan oleh CamStudio. Codec ini bersifat opsional namun akan lebih baik jika diinstal. Codec bawaan CamStudio ini diklaim akan memberikan hasil output video yang lebih baik dengan ukuran yang lebih kecil. Cara instalasi codec ini adalah dengan mengklik kanan pada file camcodec.inf lalu pilih install (Gambar 1). Codex ini, jika telah berhasil diinstall, dapat diaktifkan melalui menĂº Options-Video Options.
Menentukan Area Perekaman
Sebelum memulai perekaman kita harus menentukan terlebih dahulu area mana dari layar yang akan direkam. Area perekaman layar dapat diatur dengan memilih menu Region. Kita dapat merekam sebagian layar atau seluruh layar. Pilihan menu region ada tiga:
1. Region. Dengan memilih menu ini maka area perekaman akan dipilih secara dinamis. Pada saat memulai perekaman maka kita dapat menentukan area perekaman dengan memilih area persegi dengan menggunakan mouse.
2. Fixed region. Menu ini digunakan untuk menetukan area perekaman secara tetap/fixed baik ukuran panjang dan lebar. Ketika memulai proses perekaman akan tampil kotak berukuran tetap sesuai yang telah diset. Kotak ini dapat digeser dan diarahkan ke area tertentu di layar. Jika kotak telah berada di area yang ingin direkam klik tombol kiri mouse.
3. Full Screen. Menu ini akan menentukan area perekaman satu layar penuh.

Untuk lebih lengkap materi Pembuatan Video Pembelajaran ini bisa didownload file softcopynya Modul Pembuatan Video dengan Screencast

Konten terkait : Instalasi Aplikasi Geogebra, Eksplorasi Perintah Geogebra
Post a Comment