Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Model - model Pembelajaran MATEMATIKA dikelas

Model - model Pembelajaran MATEMATIKA dikelas

Sebelum membahas lebih jauh tentang model-model pembelajaran Matematika, ada baiknya untuk mencermati kembali pengertian atau istilah model-model pembelajaran. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, model adalah pola (contoh, acuan, ragam dan sebagainya) dari cara, atau perbuatan menjadikan orang belajar. Dewasa ini sudah banyak pakar yang berusaha mengembangkan berbagai model pembelajaran matematika.
Namun demikian, dalam makalah ini selain difokuskan pada 4 model pembelajaran matematika yang berorientasi pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) juga akan sedikit diuraikan kembali model pembelajaran langsung yang mana untuk materi-materi tertentu sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Sedangkan 4 model yang berorientasi pada PAKEM yaitu model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, model ppembelajaran berdasarkan masalah, dan model pembelajaran dengan metode penemuan.

A. Model - model Pembelajaran Kooperatif

Langkah-langkah dalam proses Pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif adalah sebagai berikut :

1.Guru membagi peserta didik untuk berpasangan
2.Guru membagikan wacana/materi untuk dibaca dan dibuat ringkasannya
3.Guru dan peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar

4.Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Peserta didik yang lain:
  - Menyimak/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
     - Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan 
       menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
5.Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
6.Kesimpulan peserta didik  bersama-sama dengan Guru
7.Penutup
 
Download Materi Mengenai Kumpulan Model-model Pembelajaran dikelas 

Link terkait : Kongruensi dan Kesbangunan Video Pembahasan Soal Ujian Nasional Olimpiade Sains Mapel Matematika MTs/SMP 2014 Kumpulan Video Pembelajaran Matematika 2014 Kumpulan soal Try Out dan Ujian Nasional 2015 Analisis Hasil Nilai Try Out Ujian Nasional Media Pembelajaran MS Power Point Soal + Pembahasan Mapel Matematika SMP 2014 Model Pembelajaran Matematika dikelas Tokoh-tokoh Ilmuwan Matematika 
Open Comments

Post a Comment for "Model - model Pembelajaran MATEMATIKA dikelas"